Meningkatkan volume silinder, atau yang istilah kerennya bore-up kian marak di kalangan motormania. Tak terkecuali pada pengguna Yamaha V-Ixion. Tujuannya tentu agar performa besutan makin garang. Nah apa saja pilihan dan langkah penyesuaiannya?
Volume silinder V-Ixion standar murninya 149,7 cc, didapat dari diameter x langkah piston, 57 x 58,7 mm. Nah di pasaran saat ini tersedia 3 pilihan volume, yang didasarkan pada diameter piston yang digunakan.
Pertama paket 157,7 cc yang pakai piston berdiameter 58,5 mm. Kedua 165,9 cc dengan seher 60 mm. Terakhir 177,1 cc pakai paket piston 62 mm. Kian besar volume, tentu potensi tenaga yang bisa dihimpun makin besar.
Selain berpengaruh pada volume, ukuran itu ternyata juga berdampak pada harga. Makin besar ukuran, harganya kian mahal. Contoh paket 58,5 mm hanya Rp 450 ribu, yang 62 mm mencapai Rp 800 ribu.
Begitu juga brand, yang tanpa merek alias no name harga lebih murah daripada yang punya nama. Contoh no name atau kita sebut saja produk blank paket piston 60 mm Rp 600 ribu, merek TDR mencapai Rp 725 ribu.
Selain volume, ada juga pilihan kompresi. Yang ditentukan berdasarkan bentuk kepala piston. "Yang jenong rasio kompresi lebih tinggi, sedang yang datar tak jauh beda dengan standar," terang Teddy Cong, dari PT Global Motorindo di Galur, Jakpus yang menyediakan paket merek Yoshi. Sayang berapa tepatnya, mereka mengaku belum mengukur.
Volume silinder V-Ixion standar murninya 149,7 cc, didapat dari diameter x langkah piston, 57 x 58,7 mm. Nah di pasaran saat ini tersedia 3 pilihan volume, yang didasarkan pada diameter piston yang digunakan.
Pertama paket 157,7 cc yang pakai piston berdiameter 58,5 mm. Kedua 165,9 cc dengan seher 60 mm. Terakhir 177,1 cc pakai paket piston 62 mm. Kian besar volume, tentu potensi tenaga yang bisa dihimpun makin besar.
Selain berpengaruh pada volume, ukuran itu ternyata juga berdampak pada harga. Makin besar ukuran, harganya kian mahal. Contoh paket 58,5 mm hanya Rp 450 ribu, yang 62 mm mencapai Rp 800 ribu.
Begitu juga brand, yang tanpa merek alias no name harga lebih murah daripada yang punya nama. Contoh no name atau kita sebut saja produk blank paket piston 60 mm Rp 600 ribu, merek TDR mencapai Rp 725 ribu.
Selain volume, ada juga pilihan kompresi. Yang ditentukan berdasarkan bentuk kepala piston. "Yang jenong rasio kompresi lebih tinggi, sedang yang datar tak jauh beda dengan standar," terang Teddy Cong, dari PT Global Motorindo di Galur, Jakpus yang menyediakan paket merek Yoshi. Sayang berapa tepatnya, mereka mengaku belum mengukur.
Paket jenong bikin kompresi lebih tinggi |
For your information, rasio kompresi standar V-Ixion 10,4:1. Semakin tinggi kompresi, karakter tenaganya enak di putaran bawah sampai menengah, namun konsekuensinya butuh bahan bakar beroktan tinggi.
Menariknya, semua paket yang dipasarkan isinya komplet. "Ada blok, piston, ring, pen, kancing pen, juga paking. Jadi tinggal pasang saja alias plug & play," ujar Bobby Sandy, dari V-Racing yang menyediakan paket 62 mm.
Kendati pemasangan mudah, karena hanya melepas blok berikut piston standar, lalu pasang penggantinya. Ternyata ada beberapa hal harus diperhatikan. "Karena volume meningkat, maka pasokan bahan bakar mesti ditambah, caranya dengan menyeting ulang CO," terang Bobby lagi.
Penyetelan menggunakan FI Diagnostic Tool. "Agar makin banyak, maka kadar CO dibikin +," lanjutnya. Besarnya angka tak bisa dipatok, lantaran tiap motor punya permintaan yang berbeda-beda. Tergantung juga dari jenis paket yang dipilih. Makin besar volume, maka nilainya pun makin besar.
Hal lain, usahakan pemasangan sebaik mungkin dan lakukan inreyen dahulu. Kenapa? "Karena tak ada garansi, kalau terbukti cacat produknya baru kami ganti, namun jika rusak karena salah pemasangan atau perlakuan di luar tanggung jawab kami," ujar Benny Rachmawan, technical development Mitra2000, agen merek TDR.
Menariknya, semua paket yang dipasarkan isinya komplet. "Ada blok, piston, ring, pen, kancing pen, juga paking. Jadi tinggal pasang saja alias plug & play," ujar Bobby Sandy, dari V-Racing yang menyediakan paket 62 mm.
Kendati pemasangan mudah, karena hanya melepas blok berikut piston standar, lalu pasang penggantinya. Ternyata ada beberapa hal harus diperhatikan. "Karena volume meningkat, maka pasokan bahan bakar mesti ditambah, caranya dengan menyeting ulang CO," terang Bobby lagi.
Penyetelan menggunakan FI Diagnostic Tool. "Agar makin banyak, maka kadar CO dibikin +," lanjutnya. Besarnya angka tak bisa dipatok, lantaran tiap motor punya permintaan yang berbeda-beda. Tergantung juga dari jenis paket yang dipilih. Makin besar volume, maka nilainya pun makin besar.
Hal lain, usahakan pemasangan sebaik mungkin dan lakukan inreyen dahulu. Kenapa? "Karena tak ada garansi, kalau terbukti cacat produknya baru kami ganti, namun jika rusak karena salah pemasangan atau perlakuan di luar tanggung jawab kami," ujar Benny Rachmawan, technical development Mitra2000, agen merek TDR.
Data Harga dan Kontak
Yoshi 60 mm Rp 550 ribu
Global Motorindo 021-42876931
Blank 60 mm Rp 600 ribu
Rudi Jaya Motor 021-93339259
TDR 58,5 mm Rp 725 ribu
TDR 60 mm Rp 725 ribu
Mitra2000 021-6930777
Blank 62 mm Rp 800 ribu
Blank 60 mm Rp 600 ribu
Blank 58,5 mm Rp 450 ribu
V-Racing 081317666277
Yoshi 60 mm Rp 550 ribu
Global Motorindo 021-42876931
Blank 60 mm Rp 600 ribu
Rudi Jaya Motor 021-93339259
TDR 58,5 mm Rp 725 ribu
TDR 60 mm Rp 725 ribu
Mitra2000 021-6930777
Blank 62 mm Rp 800 ribu
Blank 60 mm Rp 600 ribu
Blank 58,5 mm Rp 450 ribu
V-Racing 081317666277
- BIANG KEROK MESIN JEBOL…!!!
- Kenalan Lagi Yuk Dengan Fuel Injection
- History of Fuel Injection
- YVCI Go to Jamnas
- Kita Dukung Indonesia Di Sea Games 2011!
- Fakta Keunggulan Teknologi Fuel Injection
- Mengubah Vixion Menjadi Yamaha R6
- Dari Anak Jalanan Sampai Ketua Dewan
- Dukung Pulau Komodo jadi "News 7 Wonders"
- Inilah Kronologi Kecelakaan Simoncelli
- Motor Irit Bensin dan Awet Berkat Fuel Injection Menjadikan V-Ixion Sebagai Motor Sport Nomor Satu
- Jambore Regional YVCI se-SULAWESI di MANADO
- Campur Rasa Penuh Makna
- Tampil Impresif, Lorenzo Juara di Mugello
- Warna Putih Vixion Sesuai Trend Dan Terinspirasi R1
- Jangan Asal Ganti Busi Yamaha V-ixion, Perhatikan Resistan-nya
- Upgrade Performa Yamaha V-Ixion, Wuihh....Tembus 150 km/jam!
- Belok Bukan Sembarang Belok
- Jadwal MotoGP 2011
- Tips Berkendara Yang Nyaman & Aman Saat Musim Hujan
- Perisai Itu Diberi Nama SNI
- Safety Riding.. Apaan Sih ?
- Tetap Fit Selama Berkendara
- Perlakuan Inreyen Pada Motor Kesayangan
- Awas Riding Position
- Pentingnya Ukuran Pas
- Tak lama lagi bulan puasa akan datang
- Bikers pun peduli bencana Mentawai Merapi
- Bye Bye Baby, Wujud Cinta Rossi Pada Yamaha
- Yamaha Vixion Raih "BIKE OF THE YEAR 2010
paket bore up vixion yang blank 60 mm itu sama bloknya ? kalau di kirim ke riau berapa ongkosnya gan ?
BalasHapus