Senin

Dukung Pulau Komodo jadi "New 7 Wonders"

Pulau komodo terletak di timur Indonesia tepatnya nusa tenggara,sebelah barat pulau Sumbawa. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.
di pulau ini tedapat Taman nasional komodo ini adalah tempat lebih dari 5700 kadal raksasa alias komodo. Di tempat ini juga tinggal 4000 orang. Taman ini berlokasi di pulau vulkanis daerah Wallacea Indonesia. Tempat ini satu-satunya habitat alami komodo di dunia.namun menurut perhitungan terbaru Taman Nasional Komodo. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Pulau Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah.

Komodo atau Faranus Comodoensis merupakan binatang mamalia yang memiliki berat mencapai 150 kg dan memiliki kemampuan penciuman yang baik, terutama untuk bau darah. Hingga saat ini terdapat sekitar 2000 ekor komodo yang hidup bebas di pulau Komodo dan Rinca.
Satu lagi yang menarik dari kawasan konservasi pulau Komodo adalah keindahan pantai Merah yang menakjubkan. Pantulan sinar matahari yang jatuh ke hamparan pasir yang bercampur koral berwarna merah di pantai ini memberikan tampilan warna merah yang sangat indah.
Sekarang pulau ini sedang menjadi pusat perhatian bangsa Indonesia karena pulau ini masuk menjadi kandidat 7 keajaiban dunia baru.penetapan tujuh keajaiban dunia yang dibuat manusia, kini satu-satunya wakil Indonesia yang masih bertahan untuk kategori 7 keajaiban dunia baru adalah Pulau Komodo, setelah Danau Toba dan Gunung Krakatau tersingkir di babak pertama Desember 2008 silam. Masyarakat Indonesia dan dunia yang telah melakukan vote I dan II sebelum 7 Juli 2009 lalu, diajak kembali untuk melakukan vote III dengan menggunakan dua metode: Pertama, memilih dengan cara online melalui website http://www.new7wonders.com. Kedua, memilih melalui telephone (SLI) dengan menekan +41 77 312 4041. Setelah pesan selesai dan terdengar bunyi beep tekan kode 7717 untuk memilih Taman Nasional Komodo.

New 7 Wonders Foundation” menetapkan Taman Nasional Komodosebagai salah satu dari 28 finalis “7 Keajaiban Dunia Bernuansa Alam” (seven Wonders of Nature) setelah menyisihkan sekitar 440 nominasi dari 220 negara. Penetapan Taman Nasional Komodo sebagai finalis diputuskan oleh “New 7 Wonders Foundation” pada Selasa 21 Juli 2009.
Alasan mangapa pulau komodo pantas menjadi 7 keajaiban dunia baru?

Pertama mari Kita bahas profil tentang hewan puba ini :
Komodo senang berada di dalam liang-liang tanah, kandang juga terdapat di bawah batu atau akar pohon. Reptil ini dapat bergerak dengan cepat. Dan hebatnya, binatang ini juga dapat berenang di air. Ternyata, Komodo memiiki kemampuan yang luar biasa juga…
Selain itu, reptil yang sering disebut “Naga Komodo ini
memiliki Geligi dan mulut yang merupakan mimpi buruk bagi semua korbannya. Dipenuhi kuman dan bakteri yang mematikan, geligi dan mulut seekor komodo memiliki peran yang vital dalam memburu mangsa. Komodo biasanya memakan hewan yang usianya relatif muda ataupun hewan yang terluka karena lebih mudah diburu. Akan tetapi, komodo yang bertubuh besar itu kadang menyerang hewan ternak yang berukuran besar pula. Seekor komodo cukup menggigit korabannya satu kali saja. Kemudian ia akan mengikuti mangsanya selama berhari-hari apbila perlu. Kuman dan bakteri akan mematikan mangsanya cepat atau lambat. Saat hewan ini mati,tiba pulalah saat bagi sang komodo untuk berpesta ria menikmati hidangan lezat.

Kedua kita bahas keindahan alam pulau komodo :
pulau komodo menyimpan eksotisme flora yang beragam. Misalnya kayu sepang, yang oleh warga sekitar digunakan sebagai obat dan bahan pewarna pakaian. Ada juga pohon nitak atau Sterculia oblongata yang di yakini berguna sebagai obat yang mempunyai biji gurih seperti kacang polong. Setelah kita tahu, ternyata, beragam juga ya keunikan-keunikan yang ada di pulau ini.
Lain lagi dengan yang demikian, ada lagi suatu tempat yang cukup menarik untuk kita amati. Terletak diantara pulau Sumbawa dan Flores. Taman Nasioanal Komodo dibangun sebagai tempat konservasi bagi para komodo. Pada tahaun 1986, 6 tahun setelah dibentuknya taman ni , UNESCO menjadikan Taman Nasional Komodo ini menjadi World Heritage Site sekaligus Man and Biosphere Reserve. Taman ini terdiri dari tiga pulau uatam, yakni Pulau Komodo, Rinca, dan Padar. Taman ini juga merupakan rumah bagi setidaknya 1000 species ikan, ratusan species karang, dan 70 jenis tanaman sponge. ikan hiu, paus, pari, penyu, ikan duyung, dan lumba – lumba juga lengkap. Kemudian di sini juga ditemukan 11 gunung atau bukit  735 meter±dengan puncak tertinggi, yaitu Gunung Santalibo.
Pulau komodo memang pantas menjadi jajaran keajaiban dunia karena disamping untuk melestarikan binatang komodo pemandangan dan keindahan pulau komodo juga sangat menarik dan mengesankan.


CARA mendukung pulau Komodo jadi salah satu 7 keajaiban dunia adalah
1. datangi alamat inihttp://www.new7wonders.com/nature/en/liveranking/
2. lihat grup E pada ranking ke-13, nah itu kan pulau komodo, kalo sudah berubah rankingnya yaa..lihat sendiri aja. Judulnya “Komodo National Park” klik link tersebut
3. Terus cari kata Vote now for Komodo National Park, 
4. Klik link itu, lalu ikuti langkahnya
    Mari kita dukung dan doakan agar Pulau Komodo berhasil menjadi salah satu keajaiban dunia          menggantikan Candi Borobudur sebakai Ikon Indonesia. Kita dapat mengikuti polling 7 keajaiban
  dunia yang diadakanvote7.com. Mari kita pilih Pulau Komodo agar dapat masuk 7 keajaiban dunia. Setiap orang hanya dapat memilih 7 nominasi.
5. Atau kirim sms, caranya ketik komodo kirim ke 9818 ( Rp.1,- semua operator )

sumber : wartawarga


0 komentar:

Posting Komentar