Rabu

Tak Lama Lagi Bulan Puasa Akan Datang

Bulan keberkahan namun banyak tantangan yang harus dihadapi bikers, itulah bulan ramadhan. Meski begitu, sebulan penuh ibadah puasa harus dijalankan tanpa meninggalkan aktifitas sehari-hari. Tentu banyak kebiasaan di bulan puasa ala bikers yang  positif dan setidaknya menjauhkan dari hal yang negatif, agar ibadah puasa bikers tetap bernilai pahala. Pada akhirnya nilai ibadah puasa itu sendiri yang akan kita kejar, tanpa pandang profesi apapun, termasuk bikers. Bagaimana? Mari kita berpuasa yang santun ala bikers.

Menyantuni anak yatim

Banyak bikers yang menggelar kegiatan mulia, salah satunya berbuka puasa bareng anak anak Yatim. Tentu tak sulit menemukan panti asuhan, yang di dalamnya banyak anak-anak yang nasibnya kurang beruntung. Menikmati berbuka puasa, memberi bingkisan berupa alat ibadah atau yang lainnya, membuat ibadah puasa bikers lebih bermakna.

Baksos di jalanan

Tak harus di tempat yang resmi, ternyata melihat adanya elemen masyarakat yang hidup kurang layak di jalan, ini bisa jadi moment ibadah.  baksos membagikan nasi bungkus kepada para gembel, pengamen jalanan, dan juga kuli-kuli disekitar perapatan lampu merah. Memang terlihat kurang tertib, namun kalau bisa diatur dalam pelaksanaanya, hal ini tentunya bentuk kepedulian yang luar biasa.

Tetap Bersahabat Di Jalan

Ibadah puasa pada hakekatnya mendorong setiap muslim menjadi lebih sabar dalam menghadapi segala godaan. Termasuk godaan yang muncul di jalan. Merujuk pada substansi ibadah puasa itu, para bikers bisa mewujudkan disiplin saat berkendara. Lalu lintas jalan bisa menjadi lebih nyaman dan bersahabat. Berkendara sepeda motor saat bulan puasa menjadi tantangan tersendiri bagi bikers. Situasi lalu lintas jalan yang padat semrawut, suhu udara yang panas, debu yang beterbangan, dan ulah ugal-ugalan pengguna jalan, menjadi godaan bikers yang menjalani ibadahpuasa

KontrolEmosi

Sebulan penuh ibadah puasa dari sekitar pukul 04.00 WIB hingga buka puasa sekitar pukul 18.00 WIB, harus mendorong para bikers kian waspada. Maklum, dengan perut kosong dan ancaman dehidrasi, emosi bikers mudah tersulut. Di sinilah peran para penggiat berkendara yang aman dan selamat (safety riding) untuk terus mengingatkan para bikers agar mampu meredam emosi saat berkendara. Emosi yang tidak stabil dikhawatirkan mengganggu konsentrasi saat berkendara. Gangguan tersebut bisa memicu melebarnya peluang kecelakaan di jalan.

Balapan liar

Balapan liar biasanya marak terjadi selama bulan puasa. Aksi kebut-kebutan ini sering menimbulkan kecelakaan dan korban jiwa. Hendaknya bikers bisa merenungkan kembali untuk melakukan ini. Tentu bukan manfaat yang didapat, akan banyak keburukan terhadap konsekuensinya. Biker akan di tilang oleh  polisi dan lebih buruk lagi ancaman nyawa selalu di depan mata.

Malas aktifitas

Bukan alasan yang tepat karena berpuasa membuat biker jadi malas beraktifitas. Untuk itu menjaga tubuh agar tetap segar dan fit tidak boleh disepelekan. Selama puasa, jumlah kalori yang didapat tubuh, baik melalui makanan maupun minuman tentu berkurang. Karena konsumsi disuplai malam dan saat sahur. Untuk mencukupinya, tentu vitamin tubuh sangt dibutuhkan.

Kejar waktu  buka bersama di rumah

Tidak jadi masalah asalkan keadaan jalanan saat pulang kantor memungkinkan. Tapi, kadang kondisi lalu lintas tidak mengijinkan, jadi biker tidak perlu memaksakan diri untuk berbuka bersama di rumah. Tidak perlu ngegas-nglakson dan nyelap-nyelip untuk kejar waktu, toh saat adzan magrib berkumandang, bikers bisa menepi  mencari cafe atau warung yang aman untuk sekedar membatalkan puasa.

Ngabuburit

Beduk maghrib, itulah hal yang paling indah didengar bagi orang-orang yang berpuasa. Saat libur, Sambil menuggu waktu berbuka, banyak bikers memanfaatkan untuk berjalan-jalan melihat pemandangan sore. Berkeliling sekedar membungkus makanan atau minuman manambah daftar menu berbuka di rumah, karena di bulan ramadhan banyak kita temui pedagang musiman yang menjual berbagai menu berbuka.
Dengan niat tulus dan ikhlas dalam menjalankan ibadah puasa dan rutinitas sehari-hari, tentu akan membentuk kualitas pribadi yang semakin meningkat. Kenyamanan saat berkendara pastinya akan terwujud bila bikers mampu mengendalikan diri dan sabar sesuai dengan hakekat puasa yang sebenarnya.

0 komentar:

Posting Komentar