Minggu

Kenalan Lagi Yuk Dengan Fuel Injection?

Kenalan Lagi Yuk Dengan Fuel Injection?Dunia tidak selebar daun kelor dan perubahan itu pasti. Sama dengan perubahan yang terjadi pada basis mesin sistem penggerak (motorik). Dulu sistem karburator digadang-gadang sebagai pilihan utama, tentu sebelum lahir mesin pintar bernama Fuel Injection (FI). Disebut pintar karena mekanisme kerjanya terkontrol rapi dari satu bagian ke perangkat lainnya. Seperti apa, mumpung belum terlambat, yuk kenalan dengan FI?
Sistem injeksi ini disebut-sebut sebagai sistem teknologi terkini, untuk menyaingi sistem lama yaitu karburator. Selain dapat menghemat bahan bakar hingga enam persen, karena Injector mampu menyuplai bahan bakar kemesin berdasarkan kebutuhan mesin. Ada satu lagi yang nggak kalah penting. Ternyata FI juga ramah lingkungan, persisnya setelah diteliti standarnya dibawah UERO 2, sebagai patokan standar terkini yang digunakan di Indonesia dan di luar negeri.
Cara kerja sistem ini, seperti cara kerja sistem tubuh pada manusia. Sehingga motobikers bisa membandingkan kerja sistem tubuh sendiri dengan kerja sistem injeksi bahan bakar elektronik. Diumpamakan pada hari yang panas, maka secara naluri rasa haus kian menjadi dan menuntut kita minum banyak air. Informasi perasaan ini akan dikirimkan ke otak melalui urat syaraf. Setelah menerima informasi ini, kemudian otak memutuskan untuk minum air, dan segeralah otak akan mengirimkan sinyal ke tangan. Dan selanjutnya, tangan mencari air minum untuk diminum sesuai kebutuhan.
Dari penjelasan diatas dapat dibuat perumpamaan, kulit dan tenggorokan yang merasakan suhu dan rasa haus diumpamakan seperti sensor pada sistem injeksi. Otak ibaratnya  ECU, yang menerima dan mengirimkan sinyal. Urat syarafnya sebagai kabel dan gerakan tangannya adalah injektornya.
Kelebihan Sistem FI
Tak kenal makanya tak sayang. Sebetulnya ada nggak sih kelebihan sistem FI selain bisa menghemat pemakaian BBM? Tenang sob, kelebihan yang dimiliki FI antara lain :
1. Dapat mengatur A/F ratio berdasarkan kebutuhan mesin dan kondisi cuaca.
2. Dapat mengatur A/F berdasarkan kadar emisi yang diwajibkan sehingga emisi lebih baik.
3.Ketika temperatur dan tekanan udara berubah maka FI dapat menyesuaikan dengan baik sesuai cuacanya. Karena Injector menyuplai bahan bakar kemesin berdasarkan kebutuhan mesin, sehingga penggunaan bahan bakar dapat lebih effisien sehingga lebih irit.
Nah, tibalah saatnya kita membandingkan dua sistem antara karburator dan FI. Apa saja? Silahkan...
Kenalan Lagi Yuk Dengan Fuel Injection?Fuel Injection
1. Perbandingan udara-bahan bakar (A-F) à sesuai kondisi mesin dan cuaca
2.    Emisi gas buang baik
3.    Pada waktu deselerasi à sistem FI dapat menghentikan bahan bakar à sehingga konsumsi BBM (Bahan Bakar Minyak) lebih hemat.
4.    Perawatan lebih mudah dan cepat
Carburetor
1.    A/F hanya dapat diubah pada saat setting awal
2.    Perlu perubahan setting di setiap kondisi
3.    Settingan awal tidak sesuai alat tambahan (Pompa akselerasi, coasting enricher, TPS).
4.    Perlu perawatan dan penyetelan.
Saat ini penggunaan sistem pintar bernama FI itu telah digunakan pada sepeda motor Yamaha V-ixion. Motor lansiran tahun 2007 ini merupakan  tipe motorsport yang memang diciptakan sesuai dengan gaya hidup bikers  indonesia yang menyukai tantangan dan tak puas dengan hasil standar. Sehingga selain memiliki akselerasi dan respon mesin yang sangat baik, motor yang memiliki tampilan facelift baru ini juga memiliki emisi gas sisa pembakaran yang sangat rendah sehingga aman bagi lingkungan, tetap hemat, fashionable dan tentunya terkini teknologinya.
Go Green Go Spirit of White Yamaha Vixion!

http://www.motodream.net/




0 komentar:

Posting Komentar