Sistem injeksi ini disebut-sebut sebagai sistem teknologi terkini, untuk menyaingi sistem lama yaitu karburator. Selain dapat menghemat bahan bakar hingga enam persen, karena Injector mampu menyuplai bahan bakar kemesin berdasarkan kebutuhan mesin. Ada satu lagi yang nggak kalah penting. Ternyata FI juga ramah lingkungan, persisnya setelah diteliti standarnya dibawah UERO 2, sebagai patokan standar terkini yang digunakan di Indonesia dan di luar negeri.
Cara kerja sistem ini, seperti cara kerja sistem tubuh pada manusia. Sehingga motobikers bisa membandingkan kerja sistem tubuh sendiri dengan kerja sistem injeksi bahan bakar elektronik. Diumpamakan pada hari yang panas, maka secara naluri rasa haus kian menjadi dan menuntut kita minum banyak air. Informasi perasaan ini akan dikirimkan ke otak melalui urat syaraf. Setelah menerima informasi ini, kemudian otak memutuskan untuk minum air, dan segeralah otak akan mengirimkan sinyal ke tangan. Dan selanjutnya, tangan mencari air minum untuk diminum sesuai kebutuhan.
Dari penjelasan diatas dapat dibuat perumpamaan, kulit dan tenggorokan yang merasakan suhu dan rasa haus diumpamakan seperti sensor pada sistem injeksi. Otak ibaratnya ECU, yang menerima dan mengirimkan sinyal. Urat syarafnya sebagai kabel dan gerakan tangannya adalah injektornya.
Kelebihan Sistem FI
Tak kenal makanya tak sayang. Sebetulnya ada nggak sih kelebihan sistem FI selain bisa menghemat pemakaian BBM? Tenang sob, kelebihan yang dimiliki FI antara lain :
1. Dapat mengatur A/F ratio berdasarkan kebutuhan mesin dan kondisi cuaca.
2. Dapat mengatur A/F berdasarkan kadar emisi yang diwajibkan sehingga emisi lebih baik.
3.Ketika temperatur dan tekanan udara berubah maka FI dapat menyesuaikan dengan baik sesuai cuacanya. Karena Injector menyuplai bahan bakar kemesin berdasarkan kebutuhan mesin, sehingga penggunaan bahan bakar dapat lebih effisien sehingga lebih irit.
Nah, tibalah saatnya kita membandingkan dua sistem antara karburator dan FI. Apa saja? Silahkan...
Fuel Injection
1. Perbandingan udara-bahan bakar (A-F) à sesuai kondisi mesin dan cuaca
2. Emisi gas buang baik
3. Pada waktu deselerasi à sistem FI dapat menghentikan bahan bakar à sehingga konsumsi BBM (Bahan Bakar Minyak) lebih hemat.
4. Perawatan lebih mudah dan cepat
Carburetor
1. A/F hanya dapat diubah pada saat setting awal
2. Perlu perubahan setting di setiap kondisi
3. Settingan awal tidak sesuai alat tambahan (Pompa akselerasi, coasting enricher, TPS).
4. Perlu perawatan dan penyetelan.
Saat ini penggunaan sistem pintar bernama FI itu telah digunakan pada sepeda motor Yamaha V-ixion. Motor lansiran tahun 2007 ini merupakan tipe motorsport yang memang diciptakan sesuai dengan gaya hidup bikers indonesia yang menyukai tantangan dan tak puas dengan hasil standar. Sehingga selain memiliki akselerasi dan respon mesin yang sangat baik, motor yang memiliki tampilan facelift baru ini juga memiliki emisi gas sisa pembakaran yang sangat rendah sehingga aman bagi lingkungan, tetap hemat, fashionable dan tentunya terkini teknologinya.
Go Green Go Spirit of White Yamaha Vixion!
http://www.motodream.net/
- BIANG KEROK MESIN JEBOL…!!!
- Kenalan Lagi Yuk Dengan Fuel Injection
- History of Fuel Injection
- YVCI Go to Jamnas
- Kita Dukung Indonesia Di Sea Games 2011!
- Fakta Keunggulan Teknologi Fuel Injection
- Mengubah Vixion Menjadi Yamaha R6
- Dari Anak Jalanan Sampai Ketua Dewan
- Dukung Pulau Komodo jadi "News 7 Wonders"
- Inilah Kronologi Kecelakaan Simoncelli
- Motor Irit Bensin dan Awet Berkat Fuel Injection Menjadikan V-Ixion Sebagai Motor Sport Nomor Satu
- Jambore Regional YVCI se-SULAWESI di MANADO
- Campur Rasa Penuh Makna
- Tampil Impresif, Lorenzo Juara di Mugello
- Warna Putih Vixion Sesuai Trend Dan Terinspirasi R1
- Jangan Asal Ganti Busi Yamaha V-ixion, Perhatikan Resistan-nya
- Upgrade Performa Yamaha V-Ixion, Wuihh....Tembus 150 km/jam!
- Belok Bukan Sembarang Belok
- Jadwal MotoGP 2011
- Tips Berkendara Yang Nyaman & Aman Saat Musim Hujan
- Perisai Itu Diberi Nama SNI
- Safety Riding.. Apaan Sih ?
- Tetap Fit Selama Berkendara
- Perlakuan Inreyen Pada Motor Kesayangan
- Awas Riding Position
- Pentingnya Ukuran Pas
- Tak lama lagi bulan puasa akan datang
- Bikers pun peduli bencana Mentawai Merapi
- Bye Bye Baby, Wujud Cinta Rossi Pada Yamaha
- Yamaha Vixion Raih "BIKE OF THE YEAR 2010
0 komentar:
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar